Administrasi
a) Administrasi berasal dari kata “Ad” dan “Ministro”
(latin) yang berarti “melayani” atau “menyelenggarakan” (Webster, 1974).
b) Administrasi ialah proses kegiatan penyelenggaraan
yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur dan diatur menerusi
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai hala tuju yang telah
ditatapkan.
c) Administrasi ialah proses kerja sama secara rasional
untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.
d) Administrasi adalah pengkoordinasian dan pengarahan
sumber-sumber tenaga manusia dan material untuk mencapai tujuan yang diinginkan
(John M. Phiffner dan RV Presthus dalam buku Public Administration).
e) Administrasi menekankan kepada kegiatan
pengkoordinasian orang-orang yang berkerjasama, alat-alat dan dana yang
digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan.
f) Administrasi adalah pengarahan, kepemimpinan, dan
pengendalian dari usaha-usaha kelompok orang dalam rangka pencapaian tujuan
yang umum atau pokok (William H. Newman dalam buku Administration Action).
g) Pelaksana administrasi adalah seorang yang disebut
administrator. Ketika organisasi belum
maju dan belum terlalu kompleks, seorang administrator melaksanakan fungsi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Tetapi
ketika kegiatannya telah maju dan bersifat kompleks, maka tugas administrator
lebih ditumpukan kepada pengawasan dan koordinasi.
h) Tugas seorang administrator dalam melakukan administrasi
mencakup koordinasi dan pengawasan/pengendalian.
i)
Pada saat
kegiatan administrasi telah maju, maka pelaksanaan administrasi dilaksanakan
oleh orang-orang yang bekerjasama dalam melaskanakan tugas untuk mencapai
tujuan bersama, dan untuk itulah diperlukan organisasi dan manajemen.
Organisasi
a) Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama
sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat
dengan peraturan yang ada.
b) Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk
melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan
bersama.
c) Ciri-ciri organisasi ialah: 1) terdiri daripada dua
orang atau lebih, 2) ada kerjasama, 3) ada komunikasi antar satu anggota dengan
yang lain, 4) ada tujuan yang ingin dicapai.
d) James D. Mooney
Organisasi adalah sebagai
bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama (Organization is the form of every human
association for the attainment of common purpose).
e)
John D. Millet
Organisasi adalah sebagai
kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk
mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework
within which the work of many individuals is carried on for the realization of
common purpose).
f)
Herbert. A. Simon
Organisasi adalah sebagai
pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok
orang-orang (Organization is the complex pattern of communication
and other relations in a group of human being).
g) Chester L. Barnard
Organisasi adalah sebagai sebuah sistem tentang
aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan
tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (Organization is a system of cooperative
activities of two or more person something intangible and impersonal. Largely a matter of relationship).
h)
Dwight Waldo
Organisasi adalah sebagai
suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan kebiasaan-kebiasaan dalam
hubungan antara orang-orang pada suatu sistem administrasi (Organization
is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an
administrative system).
i) Luther Gulick
Organisasi adalah sebagai
suatu alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada
orang-orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan; dus dengan demikian
pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan
yang menjangkau dari puncak sampai ke dasar dari seluruh badan usaha ( Organization is the means of interrelating
the subdivisions of work by allotting them to men who are placed in a structure
of authority, so that the work may be coordinated by orders of superiors to sub
ordinates, reaching from the top to the bottom of the entire enterprise).
j)
Organisasi
sebagai suatu kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas, terikat pada
lingkungan tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada peraturan (Malinowski).
k) Organisasi timbul bilamana orang-orang yang
bergabung di dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama (James
D. Mooney).
l)
Organisasi ada
bila orang-orang berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama untuk
mencapai tujuan bersama (Chester I. Barnard).
m) Organisasi sebaai suatu kesatuan, yaitu sekelompok
orang yang terlibat bersama-sama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai
tujuan-tujuan (Henry L. Sisk).
n) Organisasi merupakan suatu sistem terbuka, yang
memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya, serta terdiri dari banyak
sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki serta segmen yang tersebar secara
geografis (Schein).
o) Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda,
iaitu: 1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem
yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari
lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali, dan
2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu
tujuan bersama (Monir H. Thayeb).
p) Organisasi dapat
diartikan dalam dua macam, yaitu:
1. Dalam arti statis, yaitu
organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan;
2. Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu
sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun
informal.
q) Sinonim Organisasi
1.
Institusi/lembaga;
Kelompok yang menampung aspirasi masyarakat; punya
aturan tertulis atau tidak; tumbuh dalam
masyarakat; mencapai tujuan bersama; dibentuk oleh pemerintah atau swasta.
2.
Birokrasi, dan
a. Etimologi (asal kata): bureau=meja kratia
(cracein)=pemerintahan, dus pemerintahan atau administrasi melalui kantor.
b. Administrasi dan manajemen: badan administrasi atau
badan manajemen (administrative body atau
management body), dus suatu badan yang menyelenggarakan suatu kegiatan atau
pekerjaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (baik dalam bidang
pemerintahan maupun swasta).
c. Sistem: sistem kerja yang berlandaskan suatu
jaringan tata-hubungan kerjasama sesuai dengan tata aturan dan prosedur yang
ditentukan.
r) Organisasi formal
Organisasi yang memiliki struktur (bagan yang
menggambarkan hubungan-hubungan kerja, kekuasaan, wewenang dan tanggung jawab antara
pejabat dalam suatu organisasi).
s)
Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama, iaitu: 1) goals oriented
(berorientasi tujuan), 2) Psychosocial
system (sistem hubungan sosial), 3) structured
activities, 4) technological system.
t)
Kesimpulan:
Organisasi adalah: 1) wadah atau tempat terselenggaranya administrasi; 2) didalamnya terjadi berbagai hubungan antar-individu
maupun kelompok, baik dalam organisasi itu sendiri maupun keluar; 3) terjadinya kerjasama dan pembagian tugas; 4) berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja
masing-masing.
u) Organisasi Publik
Organisasi publik adalah 1) organisasi yang terbesar; 2) yang mewadahi seluruh lapisan masyarakat dengan
ruang lingkup negara; 3) mempunyai
kewenangan yang absah (terlegitimasi) di bidang politik, administrasi
pemerintahan, dan hukum secara terlembaga 4) sehingga mempunyai kewajiban melindungi warga negaranya, dan 5)
melayani keperluannya, 6) sebaliknya
berhak pula memungut pajak untuk pendanaan, 7) serta menjatuhkan hukuman sebagai sanksi penegakan peraturan.
Organisasi publik sering dilihat pada bentuk organisasi pemerintah yang dikenal
sebagai birokrasi pemerintah (organisasi pemerintahan). Atau satu-satunya organisasi didunia yang mempunyai
wewenang merampok harta rakyat (pajak), membunuh rakyat (hukuman mati), dan
memenjarakan rakyat.
v) Organisasi formal v informal
Organisasi formal ialah suatu organisasi yang
memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang
ditetapkan secara jelas. Organisasi
informal akan timbul apabila anggota organisasi formal merasa keinginannya
tidak terpenuhi oleh organisasi formal.
Hubungan organisasi formal dengan organisasi informal bersifat
berbanding terbalik “semakin tinggi tingkat kepuasan pegawai, maka semakin
kecil kemungkinan munculnya atau terbentuknya organisasi informal.
w) Faedah organisasi informal terhadap organisasi
informal
1) boleh dijadikan sarana komunikasi,
2) boleh dijadikan alat pemersatu dan menghilangkan
frustasi,
3) boleh dijadikan pendorong agar rajin bekerja.
Manajemen
a) Manajemen adalah seni melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang-orang (Mary Parker Follet). Atau
sebagai pengaturan atau pengelolaan sumberdaya yang ada sehingga hasilnya
maksimal.
b) Manajemen adalah tindakan atau kemampuan untuk
memperoleh hasil yang diinginkan dengan menggunakan orang-orang yang mempunyai
keahlian khusus.
c) Manajemen selalu digunakan dalam hubungannya dengan
orang-orang yang menjalankan kepemimpinan di dalam suatu organisasi. Dus manajemen didefenisikan sebagai suatu
proses kegiatan manajer dalam mengambil keputusan, mengkoordinasikan
usaha-usaha kelompok, dan kepemimpinan (J. G. Longenecker).
d) Manajemen meliputi koordinasi orang-orang dan
koordinasi sumber-sumber material untuk mencapai tujuan organisasi (Kast
& Rosenzweig). Sedangkan Henry L. Sisk mendefenisikan manajemen sebagai koordinasi dari
semua sumber (tenaga manusia, dana, material, waktu, metode kerja dan tempat)
melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
supaya dapat mencapai sasaran yang diinginkan.
d) Kesimpulan:
Manajemen lebih banyak berhubungan dengan
pengambilan kebijaksanaan, koordinasi dan kepemimpinan. Koordinasi adalah menyelaraskan
(mensinkronisasikan) dan menyatukan tindakan-tindakan kelompok orang dalam
organisasi (William H. Newman).
Hubungan administrasi, organisasi,
dan manajemen
a) Dalam melaksanakan administrasi, seorang
administratur dibantu oleh orang-orang yang bekerjasama dalam menjalankan
tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan agar
mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
b) Kerjasama orang-orang dalam mencapai tujuan, perlu
disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi memerlukan organisasi.
c) Karena dalam admnistrasi yang dihadapi adalah
orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya dengan menggunakan
alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu digerakkan menuju sasaran
yang akan dicapai, untuk itu diperlukan manajemen.
d) Dari uraian di atas, maka administrasi modern dapat
diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi dan manajemen.
1.1. Terbentuknya Organisasi
Manusia makhluk sosial, makhluk bermasyarkat (homo socius, social animal, zoon
politicon), tidak mungkin dapat hidup sendiri, cenderung bermasyarakat atau
berkelompok (gregariousness).
Keperluan Manusia
Abraham Maslow
1. Keperluan fisik (physical need);
2. Keperluan rasa aman dan selamat (safety need);
3. Keperluan social (social needs);
4. Keperluan akan harga diri (esteem needs);
5. Keperluan aktualisasi diri (self realization needs).
Dorongan Orang Bekerja
1. Dorongan primer (Kelangsungan hidup organis)
2. Motif Dasar (Psikologis dan sosial)
Motivasi Orang Bekerja
1. Kepastian (masa depan-kelangsungan kerja);
2. Kesempatan (naik pangkat/dipromosikan);
3. Peran serta (saran-saran/masukan dalam pengambilan
keputusan);
4. Pengakuan/penghargaan (prestasi kerja);
5. Ekonomi (upah/gaji yang layak untuk hidup);
6. Pencapaian (keberhasilan dalam pekerjaan);
7. Komunikasi (mengetahui apa yang terjadi dalam
organisasi);
8. Kekuasaan (kewibawaan, dan mempengaruhi orang lain);
9. Keterpaduan (bagian dari organisasi secara
keseluruhan);
10.
Kebebasan (pribadi
dan pendapat).
Kesimpulan
Keperluan (needs) -------- Keinginan (wants) memenuhi keperluan ---------tindakan (action) memenuhi keperluan ------- pencapaian tujuan (objektives)
Tidak semua keperluan (needs) dapat dipenuhi seorang diri untuk itu perlu Organisasi (Berorganisasi).
BAB II
EVOLUSI TEORI ORGANISASI DAN
MANAJEMEN
Ilmu pengetahuan terdiri atas seperangkat
teori dalam bidang tertentu. Teori
berfungsi untuk membaca kenyataan empiris.
Fakta empiris yang sama dapat diceritakan oleh beberapa orang dengan
cara yang berbeda-beda sesuai dengan kacamata teori yang digunakan. Tanpa
teori, buta tentang peristiwa empiris, sebaliknya tanpa berhadapan dengan
peristiwa-peristiwa empiris, suatu teori lumpuh. Ciri-ciri teori:
1. Terdiri atas seperangkat proposisi
(proposisi=pernyataan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih) yang
saling berkaitan;
2. Masing-masing proposisi atau defenisi atau
konsef saling menerangkan (sehingga diperoleh gambaran yang bulat dan utuh
tentang suatu peristiwa);
3. Beberapa diantaranya dapat diuji secara
empiris (metodologi penelitian).
Contoh teori: Apabila seseorang diberi
stimulus, maka ia akan memberikan reaksi dengan cara tertentu (stimulus dan reaksi adalah dua konsep yang dihubungkan menjadi satu proposisi); Konsep hukuman dan perilaku (apabila anak
diberi hukuman, maka perilakunya akan berubah ke arah yang positif=proposisi), Fungsi teori:
1.
eksplanatif
(menjelaskan)-bersifat positif; ditentukan oleh: a) kesederhanaan strukturnya,
b) kecermatan penjelasannya, c) relevansinya terhadap fenomena sosial yang
berbeda-beda.
2.
prediktif
(peramalan/prakiraan)-bersifat probabilities; diterapkan dalam tiga jenis
situasi: a) waktu yang akan datang, b) tempat yang berbeda, c) kelompok sosial
yang lebih besar.
3.
kontrol
(mengendalikan)
Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana
organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana
mereka mempengaruhi dan dipengaruhi
oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat
di lingkup kerja mereka.
Teori organisasi adalah
suatu konsefsi, pandangan, tinjauan,
ajaran, pendapat atau pendekatan
tentang pemecahan masalah
organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Masalah adalah segala sesuatu yang segala
sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi yang memerlukan
pemecahan dan pengambilan keputusan. Dus
masalah organisasi adalah memerlukan
pemecahan dan pengambilan keputusan.
UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI....
smua file word (doc)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar