Senin, 07 Oktober 2013

BUDAYA ORGANISASI DI PERUSAHAAN



BAB 1
 PENDAHULUAN

1.1       Latar belakang
Seiring dengan bergulirnya waktu yang menuntut banyak perubahan, banyak organisasi saat ini merasa perlu untuk mengubah budaya perusahaan guna menjamin kelangsungan hidupnya atau untuk memperoleh keuntungan yang lebih kompetitif. Hal ini sering didorong oleh kenyataan bahwa budaya yang telah ada kadang tidak lagi mampu memperbaiki keadaan masa datang seperti yang dibutuhkan organisasi. Kekuatan-kekuatan dalam lingkungan eksternal organisasi dapat mengisyaratkan kebutuhan perubahan budaya, misalnya dengan adanya persaingan yang makin tajam dalam suatu lingkungan industri menuntut perubahan budaya organisasi untuk senantiasa mampu merespon keinginan konsumen dengan lebih cepat. Di samping berasal dari lingkungan eksternal, kekuatan perubahan budaya juga bisa berasal dari dalam/internal. Sebagai contoh jika manajer senior (eksekutif) menerapkan pendekatan-pendekatan baru untuk manajemen organisasi.
Suatu saat ditetapkan bahwa ada kebutuhan akan perubahan, maka langkah pertamanya adalah menganalisis budaya yang hidup di dalam organisasi. Selanjutnya perlu untuk memikirkan keadaan akhir yang diinginkan sejauh mana budaya tersebut dilibatkan. Tekanan utama dalam perubahan dan pengembangan budaya adalah mencoba untuk mengubah nilai-nilai, sikap, dan perilaku karyawan secara keseluruhan.
Suatu organisasi dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, karena pada dasarnya organisasi merupakan bentuk perserikatan dari manusia untuk mencapai tujuan bersama dimana di dalamnya terdapat aktifitas, oleh karena itu organisasi perlu memiliki karyawan yang berkualitas serta mempunyai semangat dan loyalitas yang tinggi. Semangat dan loyalitas yang tinggi dipengaruhi oleh kemampuan pegawainya serta budaya organisasi yang ada, untuk itu perlu adanya peningkatan kemampuan pegawai dan pembentukan budaya organisasi yang baik sesuai dengan kebutuhan karyawan.
Tenaga kerja atau sumber daya manusia merupakan faktor yang mutlak diperlukan dalam suatu organisasi, baik pada instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan atau usaha-usaha sosial untuk mendapatkan suatu balas jasa/imbalan tertentu. Tenaga Kerja dapat diartikan sebagai buruh, karyawan, pekerja, pegawai, pada hakekatnya mempunyai maksud yang sama. Manajemen sumber daya manusia merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas manusia, dengan memperbaiki sumber daya manusia, meningkatkan pula kinerja dan daya hasil organisasi, sehingga dapat mewujudkan karyawan yang memiliki disiplin dan kinerja yang tinggi diperlukan pula peran yang besar dari pimpinan organisasi. Dalam meningkatkan kinerja karyawan diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan memperhatikan kebutuhan dari para karyawan, diantaranya adalah terbentuknya budaya organisasi yang baik dan terkoordinasi.
PT PAL adalah salah satu perusahaan nasional yang berdiri sekitar 20 tahun yang lalu. Dengan usahanya, sekarang ini perusahaan tersebut memproduksi produk yang mampu menembus pasar internasional. Jika diingat kembali, sekitar 13 tahun yang lalu Indonesia mengalami krisis moneter yang membuat banyak perusahaan dalam negeri menutup usahanya. Namun dengan segenap usahanya, PT PAL terbukti mampu bangkit dari krisis tersebut dan sekarang sudah menjadi perusahaan yang berkelas dunia. PT PAL selalu berlimpahan order pemesanan kapal yang datangnya dari negara-negara maju seperti Jepang, Jerman, Italia, Hongkong, dan lain-lain sampai-sampai PT PAL menolak order yang datang tersebut karena saking banyaknya. Sebenarnya apakah yang menjadi rahasia PT PAL mampu bangkit dari ganggua krisis tahun 1997 dan sekarang mampu menjadi perusahaan dalam negeri yang menjual produknya hingga ke level dunia? Bukan aset, sistem, atau teknologinya, tapi yang sangat berperan adalah sumber daya manusianya. Sumber daya manusia ini pun terbentuk karena satu hal, tidak lain adalah budaya organisasi yang dimiliki oleh PT PAL.

1.2.      Rumusan masalah
1.      Bagaimana gambaran umum PT. PAL?
2.      Bagaimana keadaan budaya organisasi yang terdapat pada PT. PAL?
3.      Apakah terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kemajuan PT. PAL dan kinerja karyawannya?

1.3.      Tujuan penulisan
1.      untuk mengetahui gambaran umum mengenai PT.PAL
2.      untuk mengetahui budaya organisasi yang terdapat di PT. PAL
3.      untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kesuksesan PT.PAL dan kinerja karyawannya.

1.4.      Metode penulisan
                        Metode penulisan yang penulis gunakan untuk menyusun makalah ini adalah studi literatur yang bersumber dari buku ilmiah, internet, dan sumber-sumber bacaanya lainnya seperti majalah pengetahuan dan lainnya.

1.5.      Sistematika Penulisan
BAB    1. Pendahuluan
1.1.      Latar belakang
1.2.      Rumusan masalah
1.3.      Tujuan masalah
1.4.      Metode penulisan
1.5       Sistematika penulisan
BAB    2. Kerangka teori
2.1.      Pengertian budaya organisasi
2.1.1.   Definisi budaya organisasi
2.1.2.   Budaya merupakan istilah diskriptif
2.1.3.   Budaya kuat lawan budaya lemah
2.1.4.   Budaya vs formalisasi
2.2       Fungsi budaya
2.3       Proses terbentuknya budaya organisasi
2.3.1.   Cara karyawan mempelajari budaya
2.3.2    Menciptakan budaya organisasi yang etis
2.4       Menjaga budaya agar tetap hidup
BAB 3. Pembahasan
3.1       Gambaran umum
3.2       Budaya organisasi yang ada di PT.PAL
3.3.      Keterkaitan budaya organisasi yang ada di PT. PAL dengan kesuksesan yang dicapai PT.PAL
BAB 4. Penutup
4.1       Kesimpulan
4.2       Saran


BAB 2
KERANGKA TEORI

2.1.      Pengertian budaya organisasi

2.1.1.   Definisi budaya organisasi
Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari tidak terlepas dari ikatan budaya yang diciptakan. Ikatan budaya tercipta oleh masyarakat yang bersangkutan, baik dalam keluarga, organisasi, bisnis maupun bangsa. Budaya membedakan masyarakat satu dengan yang lain dalam cara berinteraksi dan bertindak menyelesaikan suatu pekerjaan. Budaya mengikat anggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakan keseragaman berperilaku atau bertindak. Seiring dengan bergulirnya waktu, budaya pasti terbentuk dalam organisasi dan dapat pula dirasakan manfaatnya dalam memberi kontribusi bagi efektivitas organisasi secara keseluruhan.
Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian budaya organisasi menurut beberapa ahli :
a.       Menurut Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn (2001:391), budaya organisasi adalah sistem yang dipercayai dan nilai yang dikembangkan oleh organisasi dimana hal itu menuntun perilaku dari anggota organisasi itu sendiri.
b.      Menurut Tosi, Rizzo, Carroll seperti yang dikutip oleh Munandar (2001:263), budaya organisasi adalah cara-cara berpikir, berperasaan dan bereaksi berdasarkan pola-pola tertentu yang ada dalam organisasi atau yang ada pada bagian-bagian organisasi.
c.       Menurut Robbins (1996:289), budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi itu.
d.      Menurut Schein (1992:12), budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah, membentuk karyawan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mempersatukan anggota-anggota organisasi. Untuk itu harus diajarkan kepada anggota termasuk anggota yang baru sebagai suatu cara yang benar dalam mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yang dihadapi.
e.       Menurut Cushway dan Lodge (GE : 2000), budaya organisasi merupakan sistem nilai organisasi dan akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara para karyawan berperilaku. Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan budaya organisasi dalam penelitian ini adalah sistem nilai organisasi yang dianut oleh anggota organisasi, yang kemudian mempengaruhi cara bekerja dan berperilaku dari para anggota organisasi.

Ada tujuh karakteristik utama yang secara keseluruhan merupakan hakikat 




 UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar