Rabu, 09 Oktober 2013

ORGANISASI TENTANG KANTOR DI KOTA KENDARI



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Berdasarkan konsep perubahan, suatu organisasi yang mengadakan perubahan akan membawa organisasi pada situasi yang lain dari sebelumnya. Perubahan yang terjadi dapat diperkuat atau diperlemah kehidupan organisasi, perubahan dalam organisasi ini melibatkan sumber daya manusia yang berperan dalam peningkatan kinerja organisasi (Alford, 1998: 63).
Dalam suatu organisasi modern, peran lingkungan adalah melakukan sejumlah fungsi, antara lain memperkuat organisasi beserta perangkat kerjanya, menerapkan tapal batas artinya menciptakan perbedaan yang jelas antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya, memberi standar yang tepat untuk apa yang harus dikatakan dan apa yang dilakukan oleh para pegawai, sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memadu dan membentuk sikap serta perilaku pegawai.
Selain mempunyai berbagai fungsi yang berdampak positif organisasi justru dapat ditimpa kegagalan karena peran lingkungan yang tidak diharapkan, yaitu tidak mendorong pada pencapaian kinerja sebuah organisasi., sehingga organisasi yang mempekerjakan pegawai yang tidak mampu melakukan integrasi dan adaptasi terhadap lingkungan dan atau sebaliknya, maka akan menghasilkan tingkat pencapaian kinerja yang relatif rendah.
Dalam pengelolaan suatu organisasi di bidang pembangunan kemasyarakatan di Kota Kendari, pegawai kelurahan menempati posisi yang sangat penting dalam menjamin kelancaran kerja, karena merekalah yang berhadapan langsung dengan aktivitas utama organisasi untuk menghasilkan output tertentu yang diusahakan. Akibatnya pegawai kelurahan yang berhubungan langsung dengan aktivitas utama organisasi, dituntut agar dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan tersebut yang akhirnya secara langsung dapat diterima dari jumlah, maupun kuwalitasnya. Pencapaian persyaratan-persyaratan pekerjaan inilah yang dewasa ini biasa disebut dengan istilah “kinerja” (Simamora, 1995:327).
Pegawai kelurahan akan berusaha mencapai kinerja tertentu sesuai yang telah ditentukan atau yang dikehendaki organisasi, jika merasa senang dan puas dengan pekerjaannya, karena setiap pegawai kelurahan yang puas akan bekerja pada tingkat kapasitas penuh sebab kepuasan itu tidak diukur oleh adanya pengakuan dari atasan atau kemajuan karir saja namun juga dapat berwujud benda atau bukan benda (reward) diantaranya berupa imbalan jasa (gaji) yang diterima dari hasil kerjanya, suatu tingkat gaji yang dianggap memadai memang sangat relatif dan subjektif sifatnya, namun dari beberapa ahli manajemen sumber daya manusia mengemukakan, bahwa faktor-faktor penentu gaji yang baik antara lain adalah dapat mencakup (memenuhi kebutuhan minimal), dapat mengikat, dapat menimbulkan semangat dan kegairahan kerja, harus adil dan tidak boleh besifat statis .
Kondisi tersebut mendorong peneliti untuk penelitian dengan mencari penjelasan secara mendasar bahwa faktor apa sesungguhnya yang menyebabkan pencapaian kinerja pegawai di kantor kelurahan menjadi relatif rendah. Dalam penelitian ini, titik perhatian akan lebih dipelajari dari pengaruh motivasi kerja, budaya organisasi terhadap pencapaian kinerja pegawai Kantor Kelurahan Kambu Kota Kendari.

B.    Rumusan Masalah
Dari uraian sebagaimana tersebut diatas, memperlihatkan bahwa permasalahan penelitian adalah rendahnya pencapaian kinerja pegawai kantor kelurahan, sehingga terjadi perbedaan mendasar antara tujuan kantor kelurahan dengan pencapaian kinerja organisasi secara keseluruhan, dengan rumusan masalah sebagaimana permasalahan apakah faktor motivasi kerja, budaya organisasi mempengaruhi kinerja pegawai pada kantor kelurahan kambu kota kendari.
Secara teori rumusan masalah tersebut selanjutnya dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.     Apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Kelurahan Kambu Kota Kendari?
2.     Apakah ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Kantor Kelurahan Kambu Kota Kendari?
C.    Tujuan Penelitian
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Kelurahan Kambu Kota Kendari.
2.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Kantor Kelurahan Kambu Kota Kendari.

D.    Manfaat Penelitian
1.     Dari segi akademis, penelitian ini diharapkan memberi masukan untuk mengembangkan konsep tentang faktor-faktor yang dinilai determinan yang mempengaruhi kinerja pegawai kantor kelurahan secara keseluruhan.
2.     Dari segi praktis, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam menyusun program peningkatan kinerja pegawai kantor kelurahan yang dilakukan di Kota Kendari.











 smua file word (doc) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar