Senin, 28 Oktober 2013

TANGGUNG JAWAB PADA BAGIAN PRODUKSI DI PT



BAB III
PEMBAHASAN
3.1       Memecahkan Persaingan dalam Dunia Usaha
Pada zaman sekarang antar perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan hasil produksi yang terbaik. Apabila perusahaan tidak dapat mengalahkan persaingan tersebut maka yang didapatkan perusahaan tersebut  hanya isapan jempol belaka. Kuatnya persaingan saat ini tidak lepas dari bahan-bahan produksi yang dipergunakan pada perusahaan manufaktur serta para karyawan yang berkualitas. Perusahaan harus menciptakan sedemikian rupa produk yang kreatif dan inovatif, agar perusahaan dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen dan dipercaya untuk terus menerus mengembangkan produk.  Selain itu pula, dalam menghadapi persaingan pada saat ini perusahaan harus menerapkan prosedur-prosedur yang harus dilakukan dan ditaati dalam pekerjaan. Perekrutan karyawan baru pula sangat berpengaruh bagi pencapaian tenaga kerja yang berkualitas.

3.2       Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas
Dibutuhkannya karyawan-karyawan yang berkualitas khususnya pada bagian produksi, masing-masing perusahaan harus dapat mengantisipasi karyawan yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka dapatkan di perusahaan. Antisipasinya yaitu dengan memberikan desain pekerjaan mengenai tanggung jawab para karyawan pada setiap pekerjaan yang telah ditetapkan perusahaan.
3.3       Tanggung Jawab Pekerjaan Bagian Produksi
Bertanggung  jawab  atas  perencanaan,  pengkoordinasian,  pengarahan,  dan pengawasan atas pelaksanaan produksi.
Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
  1. Bekerja  sama  dengan  kepala  bagian  PPC  dalam  penyusunan  rencana  dan  jadwal produksi.
  2. Mengkoordinir dan mengawasi serta memberikan pengarahan kerja kepada setiap seksi di bawahnya untuk menjamin terlaksananya kesinambungan dalam proses produksi.
  3. Memonitor pelaksanaan rencana produksi agar dapat dicapai hasil produksi sesuai jadwal, volume, dan mutu yang ditetapkan.
  4. Bertanggung jawab atas pengendalian bahan baku dan efisiensi penggunaan tenaga kerja, mesin, dan peralatan.
  5. Selalu menjaga agar fasilitas produksi berfungsi sebagaimana mestinya.
  6. Selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan setiap penanggung jawab dan karyawan di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan tenaga ahli yang didatangkan oleh perusahaan.
  7. Membantu supervisor listrik, bengkel, mekanik dalam pemeliharaan semua instalasi yang ada di pabrik.
  8. Membuat laporan harian dan berkala mengenai kegiatan di bagiannya sesuai dengan sistem pelaporan yang berlaku.
  9. Berusaha mencari cara-cara penekanan biaya dan metode perbaikan kerja yang lebih  efisien.
  10. Menjaga disiplin kerja dan menilai prestasi kerja bawahannya secara berkala.
  11. Melakukan penilaian terhadap prestasi kerja bawahannya secara berkala.
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh manager produksi.

Dari semua poin di atas pada Perusahaan Sinarmas tidak semuanya dapat dikerjakan. Walaupun demikian, pekerjaan bagian produksinya dapat dikerjakan dengan baik, di perusaan ini masih banyak kekurangan, tetapi masih bisa dijalankan seoptimal mungkin, dengan cara-cara atau trik-trik khusus dari perusahan, seperti contoh menggunakan sanksi-sanksi setegas-tegasnya kepada karyawan yang sering membolos agar mereka dapat terpacu pada tanggung jawab akan pekerjaannya. Melakukan penilaian terhadap prestasi kerja bawahannya secara berkala, pegawai harus melaksanakan tugas- tugas lain yang diberikan oleh meneger produksi karena apabila dibiarkan semakin lama perusahaan tersebut akan sukar untuk dipercaya konsumen.







BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.Kesimpulan
Selain dengan kreatif dan inovatif pada sebuah produk, sebuah perusahaan perlu adanya desain pekerjaan yang baik. Barulah perusahaan tersebut bisa bersaing dengan perusahaan lain. Pengaruh tanggungjawab tiap bidang pun harus dipertanyakan.
Seleksi karyawan harus dengan ketat, karena karyawanlah yang akan menjalankan suatu pekerjaan. Salah satu caranya adalah wawancara menggunakan seorang psikolog.
Pada bagian produksi dari PT. Makmur, perusahan tersebut  harus tetap berjalan karena itu adalah sebuah tanggung jawab dari perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan kualitas yang terbaik untuk konsumen, walaupun banyak karyawan-karyawan nakal yang membolos disaat jam kerja, tetapi disini perusahaan harus tetap konsisten dengan 












 UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI....
 smua file word (doc) 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar