BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Disadari
atau tidak hakikat sesuatu di dunia ini perlu di atur, pengaturan yang di
maksud mengarah kepada usaha kelancaran, keteraturan, kedinamisan, dan
ketertiban suatu usaha yang dapat dibayangkan apabila pengaturan yang tidak
ada, bahkan dunia ini telah hancur sejak dulu kala.
Pada abad
sekarang, penuh dengan kekomplekan dan problem pada problem tersebut menyangkut
politik, sosial, ekonomi, budaya, dan kenegaraan. Sebab itulah mutlak
diperlukan pengadministrasian bahkan Sondang Siagian menyebut abad kini adalah
“Abad Administrasi ” (Sondang Siagian, 1978:2)
Charles A.
Beard, pernah berkata “tidak suatu hal untuk abad modern sekarang ini yang
lebih penting dari administrasi”. Kelangsungan pemerintah yang beradad itu
sendiri akan sangat bergantung atas kemampuan kita untuk membina dan
mengembangkan filsafat administrasi yang mampu memecahkan masalah masyarakat
modern .
Sebenarnya
administrasi sudah ada sejak timbulnya peradaban manusia pada zaman modern
perkembangan administrasi yang dilandasi dengan munculnya tokoh-tokoh baru di
bidang administrasi dan manajemen. Frederik W. Taylor telah memelopori
timbulnya “gerakan manajemen ilmiah “ di Amerika Serikat disusul Henry Fayol
(dari Francis) yang membahas manajemen perusahaan dengan bukunya general atau
industrial manjemen “pada akhirnya Taylor dianggap sebagai bapak manajemen.
Apabila
sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan maka perlu adanya
pengaturan segenap rangkaian kegiatan dalam mengatur usaha kerja sama
memungkingkan bersatu untuk mencapai tujuan lalu lintas tersebut telah
terkandung pengertian admistrasi demikian setiap ada kegiatan yang nampaknya
ada kerja sama dari sekelompok manusia secara teratur untuk mencapai tujuan
tertentu, disuruhlah administrasi muncul.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaiman administrasi pendidikan itu ?
2. Apakah
kepemimpinan dalam pendidikan ?
C. Tujuan Pembahasan
Adapun
tujuan penelitian ini ialah untuk lebih mengetahui pokok-pokok materi tentang
konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dalam manajemen dan
kepemimpinan dalam pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Administrasi Pendidikan
Suatu kata
“administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate.
Kata ad mempunyai arti yang sama dengan arti to dalam bahasa inggris
yang berarti “ke” atau “kepada” dan ministrate “melayani”, “membantu”
atau mengarahkan dan mengatur.
Suatu kata
“ administrasi “ dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk
membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai
suatu tujuan.
Frederick
Taylor (1856) sering di sebut sebagai suatu gerakan manajemen berdasarkan ilmu
pengetahuan. Dengan demikian ia dapat pula dikatakan senagai pelopor dari
timbulnya ilmu adinistrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan sampai
pada tingkat paling tinggi di dalam perusahaan. Berdasarkan pengalaman itu, ia
mengemukakan dalam tulisannya bebrerapa prinsip managemen dalam pengelolaan perusahaan,
antra lain prinsip waktu, upah, pemisahan dan fungsi manjemen.
Administrasi
pendidikan ialah suatu proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu,
baik personal spiritual maupum material, yang bersangkut paut dengan
pencapaintujuan pendidikan jadi didalam proses pencapain tujuan pndidikan itu
diintegrasikan, diorganisasikan dan dikoordinasi secara efektif. dan semua
materi yang di perlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efesien
BERSAMBUNG .............!!!!!!
UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI....
smua file word (doc)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar