Selasa, 29 April 2014

ADMINISTRASI PENDIDIKAN MANAGEMENT DAN KEPEMIMPINAN



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Disadari atau tidak hakikat sesuatu di dunia ini perlu di atur, pengaturan yang di maksud mengarah kepada usaha kelancaran, keteraturan, kedinamisan, dan ketertiban suatu usaha yang dapat dibayangkan apabila pengaturan yang tidak ada, bahkan dunia ini telah hancur sejak dulu kala.
Pada abad sekarang, penuh dengan kekomplekan dan problem pada problem tersebut menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, dan kenegaraan. Sebab itulah mutlak diperlukan pengadministrasian bahkan Sondang Siagian menyebut abad kini adalah “Abad Administrasi ” (Sondang Siagian, 1978:2)
Charles A. Beard, pernah berkata “tidak suatu hal untuk abad modern sekarang ini yang lebih penting dari administrasi”. Kelangsungan pemerintah yang beradad itu sendiri akan sangat bergantung atas kemampuan kita untuk membina dan mengembangkan filsafat administrasi yang mampu memecahkan masalah masyarakat modern .
Sebenarnya administrasi sudah ada sejak timbulnya peradaban manusia pada zaman modern perkembangan administrasi yang dilandasi dengan munculnya tokoh-tokoh baru di bidang administrasi dan manajemen. Frederik W. Taylor telah memelopori timbulnya “gerakan manajemen ilmiah “ di Amerika Serikat disusul Henry Fayol (dari Francis) yang membahas manajemen perusahaan dengan bukunya general atau industrial manjemen “pada akhirnya Taylor dianggap sebagai bapak manajemen.
Apabila sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan maka perlu adanya pengaturan segenap rangkaian kegiatan dalam mengatur usaha kerja sama memungkingkan bersatu untuk mencapai tujuan lalu lintas tersebut telah terkandung pengertian admistrasi demikian setiap ada kegiatan yang nampaknya ada kerja sama dari sekelompok manusia secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu, disuruhlah administrasi muncul.
B.     Rumusan Masalah

1. Bagaiman administrasi pendidikan itu ?
2. Apakah kepemimpinan dalam pendidikan ?

C. Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk lebih mengetahui pokok-pokok materi tentang konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dalam manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan.

 

BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Administrasi Pendidikan

Suatu kata “administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan arti to dalam bahasa inggris yang berarti “ke” atau “kepada” dan ministrate “melayani”, “membantu” atau mengarahkan dan mengatur.
Suatu kata “ administrasi “ dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.
Frederick Taylor (1856) sering di sebut sebagai suatu gerakan manajemen berdasarkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian ia dapat pula dikatakan senagai pelopor dari timbulnya ilmu adinistrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan sampai pada tingkat paling tinggi di dalam perusahaan. Berdasarkan pengalaman itu, ia mengemukakan dalam tulisannya bebrerapa prinsip managemen dalam pengelolaan perusahaan, antra lain prinsip waktu, upah, pemisahan dan fungsi manjemen.
Administrasi pendidikan ialah suatu proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal spiritual maupum material, yang bersangkut paut dengan pencapaintujuan pendidikan jadi didalam proses pencapain tujuan pndidikan itu diintegrasikan, diorganisasikan dan dikoordinasi secara efektif. dan semua materi yang di perlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efesien






BERSAMBUNG .............!!!!!! 











UNTUK LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI....
 smua file word (doc) 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar